Ayo Bergabung di Nusantara Sehat


 

Melalui video graphic recording ini, Kementerian Kesehatan RI memanggil putra-putri terbaik bangsa yang berprofesi di bidang kesehatan untuk turun tangan langsung, terjun ke daerah-daerah terpencil, guna mengubah perilaku masyarakat di tingkat pedesaan menjadi berpola hidup sehat.

Pada 2015, program Nusantara Sehat mengirim 960 pemuda-pemudi untuk bertugas di 120 puskesmas yang tersebar di daerah-daerah terpencil dan perbatasan. Program Nusantara Sehat akan mengirim tim baru setiap tahun dan berlangsung hingga 2019.

Sekarang ini, perilaku hidup sehat belum menyebar dan dipahami masyarakat. Menurut Data dan Informasi Profil Kesehatan Indonesia 2013, 44,54 persen rumah tangga belum berperilaku hidup bersih dan sehat. Sekitar 29,90 persen penduduk belum mengolah air minum yang mereka konsumsi. Sementara itu, 19,6 persen balita masih mendapat asupan gizi yang kurang atau bahkan buruk.

Guna mengatasi persoalan di pelosok-pelosok Nusantara, Kementerian Kesehatan RI memiliki strategi menguatkan keberadaan Pusat Pelayanan Kesehatan Primer. Yankes Primer–dalam hal ini Puskesmas–adalah garda terdepan pelayanan kesehatan masyarakat.

Nusantara Sehat menguatkan puskesmas-puskesmas dengan mengirim tenaga-tenaga muda yang cerdas dan penuh semangat untuk mendedikasikan ilmu, waktu dan tenaga bagi perbaikan perilaku hidup masyarakat agar mereka menjadi lebih sehat dan tidak mudah jatuh sakit.

 

Judul : Ayo Gabung Nusantara Sehat
Penerbit : Kementerian Kesehatan RI